Pada pertemuan kemaren , saya telah menceritakan tentang sejarah games. Naaah , sekarang saya ingin membuat games yang mudah dan gampang dengan strawberry prolog. Sebelumnya saya ingin menjelaskan aplikasi yang saya pakai nanti nya untuk membuat games.
STRAWBERRY PROLOG
Strawberry Prolog dihasilkan oleh Institut Matematika dan Informatika
pada Akademi Ilmu Pengetahuan Bulgaria . Versi pertama dirilis pada
tahun 1996. Pemimpin tim Strawberry Dimiter Dobrev. Strawberry Prolog adalah dialek dari bahasa pemrograman Prolog.
Sintaks-nya adalah sangat dekat dengan ISO-Prolog tetapi memiliki banyak
ekstensi yang bukan bagian dari standar. Gagasan utama dari Strawberry
Prolog adalah sangat mudah digunakan dan itulah sebabnya beberapa
universitas menggunakannya untuk kursus mereka Prolog Strawberry Prolog
sedang dikembangkan di Institut Matematika dan Informatika dan di
Fakultas Matematika dan Informatika. Kompiler Prolog ini merupakan
bagian dari proyek AI.
Untuk menggunakan strawberry prolog tidak dilakukan instalasi. Programmer dapat meng-unduhnya secara gratis di website resminya. Namun karena penggunaannya yang gratis, pada strawberry prolog ini, game yang dibuat tidak dapat membentuk sebuah file execute (exe). Jadi program dapat dijalankan dengan membuka file strawberry prolog (spj) di dalam strawberry prolog itu sendiri.
Misalkan anda ingin menjalankan game hasil buatan anda di komputer lain,
anda harus menginstal dahulu strawberry prolog tersebut di komputer
yang akan digunakan untuk membuka game buatan anda. Aplikasi pemrograman
ini sebenarnya bukan bersifat free atau gratis tapi anda harus
membelinya. Namun ada juga versi yang gratis tetapi fitur dalam
pembuatan programnya akan dibatasi seperti pembentukan file execute
(exe) saat anda selesai membuat game.
KENAPA SAYA MEMILIH APLIKASI INI :
Karena keunggulan Prolog terletak pada kemampuannya untuk mengambil kesimpulan
(jawaban) dari data-data yang ada. Karena program dalam bahasa prolog
tidak memerlukan prosedur (algoritma). Prolog sangat ideal untuk
memecahkan masalah yang tidak terstruktur dan yang prosedur pemecahannya
tidak diketahui, khususnya untuk memecahkan masalah non-numerik.
Misalnya, dalam pembuatan program catur dengan prolog untuk menentukkan
gerakan catur anda tidak perlu menganalisa semua kemungkinan atau
menentukkan suatu prosedur tertentu untuk untuk menentukan gerakan
berikutnya. Tetapi anda cukup menuliskan aturan umum permainan catur dan
lebih baik lagi jika ditambah dengan aturan yang diperoleh dari
pengalaman. Prolog akan menentukan sendiri langkah yang akan diambil
berdasarkan data-data yang ada saat itu dan aturan-aturan yang
diberikan.
GAMES YANG NANTI DI KEMBANGKAN
Saya ingin mengembangkan games Othello yang ada pada strawberry prolog.Maka dari itu saya memilih menggunakan aplikasi ini karena mudah.
referensi :
http://informaticunsil.blogspot.com/2012/12/pengenalan-pemrograman-strawberry-prolog.html
http://informaticunsil.blogspot.com/2012/12/perbedaan-keunggulan-dan-aplikasi-prolog.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar