Kata Pengantar
Puji
syukur atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan nikmat
dan karunia-Nya sehingga kami sebagai tim penyusun dapat menyelesaikan
penulisan e-book yang berjudul “Hair”Modelling”. Penulisan e-book ini
ditujukan kepada Fakultas Teknologi Industri Jurusan Teknik Informatika,
Universitas Gunadarma.
E-book ini
bertujuan untuk memberikan penjelasan tentang Hair Modelling serta
penerapannya dengan menggunakan software blender. Kami dari tim penulis
mengucapkan terima kasih kepada Bapak I Made Wiryana yang telah
memberikan bimbingan maupun arahan kepada kami sehingga kami bisa
menyelesaikan pembuatan e-book ini. Kami juga berterima kasih juga
kepada teman-teman kelas 3IA03 yang telah turut membantu dalam
memberikan informasi tentang tata cara penulisan di software Lyx.
Kami
menyadari bahwa penulisan e-book ini masih sederhana. Untuk itu kami
sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun. Namun demikian kami
berharap semoga penulisan e-book ini dapat bermanfaat khususnya bagi
kami dan pembaca pada umumnya.
Depok, Februari 2013
Tim Penulis
1.1 Latar Belakang
Ilmu
pengetahuan dan teknologi sekarang ini sangat berkembang, sehingga
manusia dituntut agar dapat mengikuti perkembangannya. Hal ini terlihat
dengan banyaknya bermunculan perangkat lunak untuk membuat suatu objek
2D atau 3D.
Perangkat lunak yang
sedang berkembang pada saat ini adalah aplikasi Blender. Blender
menawarkan sesuatu yang menarik yaitu menambahkan animasi rambut dan
bulu. Perbaikan terbaru termasuk animasi refresh system , di perbaharui
menjadi system partikel yang juga dapat di gunakan untuk memanipulasi
rambut dan bulu. Bagian dari perkembangan yang dipupuk oleh Summer
Google kode program , dimana yayasan Blender telah berpartisipasi sejak
tahun 2005. Versi rilis stabil saat ini yaitu 2.64a , versi sebelumnya
adalah 2.63a yang di rilis pada mei 2012.
Pada
saat ini banyak sekali film animasi yang semakin memperlihatkan
resolusi yang tinggi yang menciptakan karya yang begitu realistic.
Terutama pada bagian rambut suatu animasi. Film-film animasi yang
menggunakan perangkat lunak Blender ini yaitu Big Buck Bunny , Sintel ,
Tears Of Steel dan masih banyak lagi. Film tersebut menunjukan bahwa
film animasi sekarang semakin berkembang , sehingga muncul banyak sekali
perangkat lunak 3D lainnya.
Pada
umumnya terdapat perngkat lunak Blender ini muncul kesulitan seseorang
untuk mempelajarinya dikarenakan sumber referensi pembelajaran yang
kurang lengkap. Maka dari itu kami ini ingin membuat suatu “Hair
Modeling in Blender”. Ini untuk mempermudah pembaca mempelajari dan
meningkatkan pengetahuannya tentang pembuatan rambut pada Blender.
1.2 Tujuan Penulisan
Adapun tujuan dari pembuatan e-book Hair Modelling ini adalah :
1. Melengkapi salah satu syarat tugas yang diberikan dalam mata kuliah Desain Pemodelan Grafis.
2. Mempersiapkan penguasaan softskill mahasiswa yang sangat dibutuhkan dalam dunia kerja.
3. Melatih kemampuan penalaran dan kerjasama tim dalam memecahkan sebuah kasus.
4. Melatih kemampuan meriset suatu permasalahan dalam study kasus.
1.3 Metode Penulisan
Pada
penulisan ini, kami selaku tim pembuat menggunakan metode penulisan
studi pustaka. Tahap yang dilakukan dalam pembuatan hair modelling
adalah:
1. Tahap Perencanaan (Planning) yaitu menentukan pembahasan dalam penulisan serta perencanaan pembuatan hair modelling.
2.
Tahap Analisa (Analisys) pada tahap ini kami melakukan pencarian
informasi yang dibutuhkan, seperti sumber data yang diperlukan berupa
tutorial pembuatan hair modelling melalui streaming video pada
www.youtube.com ataupun searching dari website www.blender.org.
3.
Tahap Desain (Design) pada tahap ini kami memulai dengan membuat
perancangan model rambut yang akan dibuat dari data yang telah didapat
sebelumnya.
4. Tahap Implementasi
(Implementation), pada tahap ini kami sebagai tim penulis coba membuat
beberapa efek sederhana dari permodelan yang telah dibuat. Sampai pada
tahap percobaan rendering untuk melihat hasil akhir yang kami dapat.
1.4 Batasan Masalah
Dalam
penyusunan e-book Hair Modelling ini kami membatasi ruang lingkup yang
akan kami bahas. Kami hanya akan membahas bagaimana proses pembuatan
hair modeling yaitu membuat bagaimana model rambut yang dibuat dengan
sehelai-helai rambut yang kemudian akan dikenakan efffect bagaimana
gerakan rambut itu tertiup oleh angin. Hasil yang nantinya dicapai akan
membuat sedikit animasi/gambaran bagaimana hair modelling itu sehingga
terlihat nyata dengan hembusan angin sebagai effectnya.
1.5 Permasalahan Pokok
Permasalahan
pokok yang kami dapatkan adalah sedikitnya tutorial yang membahas
tentang effect hair modelling dan proses pembuatan hair model itu
sendiri dan kami juga sedikit kesulitan dengan software Lyx sebagai
dokumentasi e-book ini karena kami terbiasa dengan Microsoft Office dan
Open Office, tapi kami belajar dari kekurangan kami dan hanya
bermodalkan niat, tekad, dan kerjasama tim akhirnya e-book ini dapat selesai tepat pada waktunya.
1.6 Sistematika Penulisan
Dalam penulisan e-book Hair Modeling ini dibagi menjadi 5 bab yaitu:
•
BAB I : Pendahuluan. Bab ini berisi pendahuluan yang menerangkan
tentang latar belakang, tujuan penulisan, metode penulisan, batasan
masalah, permasalahan pokok, dan sistematika penulisan.
•
BAB II: Konsep Hair Modelling. Bab ini berisi tentang Penjelasan
tentang konsep tersebut. Dapat menggunakan penjelasan matematika,
algoritma, contoh ataupun juga sejarah dikembangkannya konsep ini
termasuk orang yang mengembangkannya.
•
BAB III: Perangkat lunak, perangkat bantu yang menerapkan konsep Hair
Modelling tersebut. Didalam bab ini, kami menjelaskan software apa yang
dipakai dalam Hair Modelling, sejarah software tersebut, versi software
tersebut, fitur, serta perbandingan dengan software lainnya.
•
BAB IV: Kasus/contoh pemanfaatan perangkat lunak tersebut untuk konsep
Hair Modelling Didalam bab ini, membahas tentang Kasus/contoh
pemanfaatan perangkat lunak tersebut untuk konsep Hair Modelling .
Lihat disini untuk selebihnya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar