Selasa, 13 Maret 2012

Sejarah Web Dan Internet

            Pada kesempatan kali ini saya ingin menjelaskan sejarah tentang web dan internet. Semua orang jelas sudah tau apa itu web dan internet. Sudah banyak situs web yang sudah ada pada jaman sekarang dan bermanfaat untuk semuanya yang membutuhkan informasi dengan cepat. Jika kita ingin membuka web tersebut tidak lupanya pasti kita sudah mempunyai jaringan internet. Dan oleh karena itu saya akan membahas pada tugas ini tentang sejarah web dan internet.

1.    Sejarah WEB

Penemu situs web adalah Sir Timothy John Tim Berners, sedangkan situs web yang tersambung dengan jaringan pertama kali muncul pada tahun 1991. Maksud dari tim ketika merancang situs web adalah untuk memudahkan tukar menukar dan memperbarui informasi pada sesama peneliti di tempat ia bekerja. Pada tanggal 30 April 1993, CERN ( tempat dimana Tim bekerja) mengumumkan bahwa WWW dapat digunakan secara gratis oleh publik.
Sebuah situs web bisa berupa hasil kerja dari perorangan atau individu, atau menunjukkan kepemilikan dari suatu organisasi, perusahaan. Biasa nya pembahasan dalam sebuah situs web merujuk pada sebuah ataupun beberapa topik khusus atau kepentingan tertentu. Sebuah situs web bisa berisi pranala yang menghubungkan ke situs web lain. Demiakian pula dengan situs web lainnya. Hal ini terkadang membuat perbedaan antara situs web yang dibuat oleh individu atau perseorangan dengan situs web yang dibuat oleh organisasi bisnis menjadi tidak begitu jelas.

                                                          Timothy Berners-Lee

2. Sejarah Internet

          Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh departemen pertahanan Amerika Serika pada tahun 1969, melalui proyek APRA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network) dimana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon.
            Tujuan utama pada tahun terbut adalah untuk keperluan perang. Sistem jaringan komputer yang menyebar berfungsi untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat yang apabila terjadi perang dapat mudah di hancurkan.
            Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, dimana mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969 dan secara umum ARPANET di perkenalkan pada bulan oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.
            Oleh sebab itu ARPANET dipecah menjadi dua yaitu MILNET untuk keperluan militer dan ARPANET baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA internet yang kemudian di sederhanakan menjadi Internet.

KESIMPULAN :
Mungkin dari Internet dan Web itu banyak kelibihan yang bisa kita dapat dan juga banyak juga kekurangan nya. Ini semua tergantung kita memanfaatkan sebagai apa web dan internet itu.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar