Jumat, 21 Oktober 2011

Sejarah Perkembangan Video Games

      Video Game adalah sebuah "permainan" dengan tampilan sebuah gambar atau visual yang dapat memberikan tampilan sebuah gambar atau visual yang dapat memberikan respon balik jika di berikan perintah-perintah tertentu menggunakan alat kontrol pada seperangkat sistem elektronik. Kata "Video Game" pada dasarnya mengacu pada istilah "Raster display device". Banyaknya jenis sistem yang di gunakan untuk menggenerate display game sehingga dinamakan platform, contoh Personal Computer dan Konsol. Jika ditanya video games mungkin kalian semua sudah mengenal tapi apa kalian tahu sejarah games itu berasal dari mana dan gimana perbedaan games pertama di ciptakan dengan yang sekarang yang sudah ada.
     Sejarah Video Games pertama kali adalah sebuag dasar game yang di buat berupa alat elektronik yang bisa berinteraksi dengan pengguana/users dengan berbagai format tampilan. Contoh game pertama kali di buat pada tahun 1947, idenya berupa "Cathode Ray Tube Amusement Divice" dibuat oleh Thomas T. Goldsmith Jr. dan Estle Ray Mann. Dua orang tersebut mematenkan pada tanggal 25 Januari 1947, yang mana telah mendapatkan pengakuan pada tanggal 14 Desember 1948 sebagai U.S paten No. 2455992. Diinpirasi oleh tampilan pada sebuah radar, alat tersebut menampilkan sebuah tampilan analog yang memungkinkan pengguna untuk mengontrol sebuah titik pada layar yang disimulasikan sebagai peluru/misil yang di tembakan.
       Contoh lain pada komputer NIMROD pada festival Inggris tahun 1951. Alexander S. Douglas membuat OXO untuk sebuah EDSAC di tahun 1952. Tahun 1958, William Hinginbotham mengembangkan sebuah games interaktif yang di nama kan Tennis for two. Beberapa mahasiswa dari MIT, Martin Graetz, Steve Russell dan Wayne wiitanen membuat Spacewar pada sebuah komputer yang bernama DEC PDP. NIMROD menggunakan sebuag panel cahaya untuk memainkan game yang bernama Nim, OXO menggunakan gambar grafik tampak samping permaian tenis, dan Spacewar menggunakan gambar vektor untuk menampilkan kapal perang satu sama lain.

Pada gambar diatas adalah permainan Tennis for Two yang di buat oleh William. Pada tahun 1971, Computer Space telah merilis dan menjual video game secara komersial yang di operasikan dengan memasukan sebuah koin untuk menyewakannya. Dibuat olwh Nolan Bushnell dan Ted Dabney, perangkat ini di gunakan sebagain standar games. Sistem ini diikutin sistem game lainnya, yaitu versi arcade pada tahun 1972 yang bernama Atari dan Pong yang tugas perancangan Cinematic 3D untuk game bergenre FPS dengan tema pertempuran 10 Nopember 1945 Surabaya.
        Dan hingga sekarang video games di dunia makin semakin canggih dan grafik yang sangat canggih di antara lain macam-macam games nya yaitu :
Xbox 360
Microsoft’s Xbox 360 mencapai puncak permintaan pasar karena ada nilai plus dari yang lain. Xbox 360 dirilis lebih awal dari pada rivalnya seperti Sony dan Nintendo. Xbos 360 mempunyai kelemahan yang biasa disebut dengan “Red Ring of Death” yang terjadi pada sistemnya. Oleh sebab itu pihak Microsoft memberikan garansi 3 tahun pada pemakai agar dapat memperbaikai segala kerusakan yang diakibatkan oleh system secara gratis. Model terbaru dari Xbox 360 telah dipatenkan daripada yang sebelumnya, mengurangi panas (tidak cepat panas) dan gagal system. Dalam memproduksi Xbox, tidak memmbutuhkan biaya yang mahal karena masih menggunkan teknologi DVD.
Video Output : RGB, VGA, Component, S-Video, Composite, SCART.
Playstation 3
Sony’s Playstation 3 dirilis pada tanggal 11 November 2006 dengan harga yang lebih mahal daripada rivalnya Xbox. Playstation mempunyai dydtem terbaru seperti Cell Microprocessor dan Blue Ray. Penggunaan Blue Ray sangat menguntungkan konsumen karena disc yang dipakai bisa tahan lama.
Video Output : HDMI, RGB, Component, Composite, S-Video, SCART
Wii
Nintendo memasuki generasi ini dengan pendekatan baru dalam Wii Console. Wii lebih memilih peningkatan kepuasan melalui interaksi pemakai dari pada menggunakan teknologi terbaru. Teknologi yang dipakai oleh Wii adalah sensor gerak yang dapat memnudahkan pemakai memainkan game. Persentase penjualan Wii lebih besar dari pada Xbox dan Playstation 3
Video Output : D-Terminal, RGB, Component, Composite, S-Video, SCART

Tidak ada komentar:

Posting Komentar